Sejarah PMR



Sejarah PMR SMA Negeri 1 Bondowoso

PMR SMA Negeri 1 Bondowoso berdiri sejak Tanggal 17 September 1990. Organisasi PMR Unit SMA Negeri 1 Bondowoso didirikan dengan tujuan untuk mendidik dan melatih anggota tentang kepalangmerahan yang merupakan organisasi dibidang kemanusiaan. 

Selain itu PMR di SMA Negeri 1 Bondowoso juga di gunakan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Tujuan utama dari pendirian PMR di SMA Negeri 1 Bondowoso adalah mendidik siswa berorganisasi, melatih kedisiplinan anggota dan lain sebagainya.
Kegiatan latihan rutin diadakan setiap hari Jum’at sore. Adapun materi dan praktek yang diberikan yaitu antara lain Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, PRS, Siaga Bencana dan lain sebagainya sesuai dengan Kurikulum PMR Tingkat Wira.

Untuk kegiatan pelantikan Anggota diadakan 3 (Tiga) kali dalam satu tahun. Pelantikan pertama yaitu Pelantikan Anggota dan Slayer, Pelantikan kedua Badge, dan pelantikan ketiga Lencana dan KTA. Pelantikan diadakan setiap 3 bulan sekali bagi siswa kelas X (Anggota Baru).
Kepengurusan PMR dipegang oleh Siswa Kelas XI.

Demikian sekilas tentang Organisasi PMR Tingkat Wira di SMA Negeri 1 Bondowoso.

0 komentar:

Post a Comment