Mengetahui Sesak Nafas dan Cara Penanganannya

Mengetahui Sesak Nafas dan Cara Penanganannya
Eka Putri Septarani

INTER ARMA CARITAS !!!
Halo teman ^^ disisni saya akan berbagi info tentang sesak nafas beserta cara penangananannya. Penasaran? Yukk cuss.. ke Artikel di bawah ini
SESAK NAFAS
    Sesak nafas dapat terjadi pada siapa saja, baik karena penyakit bawaan atau faktor tertentu lainnya. Sesak nafas adalah penyakit yang berkaitan erat dengan pernapasan. Penyakit ini disebabkan oleh menyempitnya saluran pernapasan atau adanya peradangan. Sulit bernapas biasanya terjadi ketika melakukan aktivitas fisik. Sesak napas adalah suatu gejala dari beberapa penyakit yang dapat bersifat kronis. Sesak nafas ini banyak dianggap remeh, padahal apabila tidak ditangani dengan cepat penyakit ini bisa menjadi parah bahkan menyebabkan kematian.

Tanda dan gejala yang dialami penderita sesak nafas:
1.Nyeri dada
2.Cepat merasa lelah
3.Sering batuk
4.Gangguan irama jantung

Macam-Macam Sesak Nafas
1.Sesak nafas Akut
2.Sesak nafas Kronis

CARA PENANGANAN:
Jika penderita sadar
1. Saat anda bertemu orang yang terkena sesak napas bawalah orang tersebut ke tempat yang tenang dan dia dapat beristirahat.
2. Bantulah si penderita supaya dapat setengah duduk dan sandarkan pundaknya dengan bantal atau apapun. Usahakan si penderita jangan dalam keadaan tidur karena akan memperparah keadaannya
3. Air hangat akan membantu keadaan penderita menjadi lebih baik. Karena air hangat dapat membantu menghangatkan dada dan membantu pernapasan
4. Longgarkan pakaiannya. Supaya ia tidak merasa sesak. Kemudian pijitlah daerah syaraf paru-paru yang terletak di atas jempol kaki (tepatnya 3-5 cm diatas ruas ibu jari)
5. Namun cara memijitnya harus dengan pelan-pelan.Dan tanyakan apakah penderita memiliki riwayat sesak nafas sehingga harus menggunakan inhaler.





Jika penderita tidak sadar
1.Cek respon penderita dengan menekan kuku korban untuk merangsang nyeri.
2.Segera panggil ambulance atau bantuan orang lain.
3.Pastikan penderita bernapas normal atau tidak.
4.Periksa denyut nadi penderita

Cukup sampai disini pembahasan kita tentang sesak nafas dan cara penanganannya. Jika kalian melihat orang sesak nafas jangan panik dan berusahalah untuk menolong seperti yang kita bahas sebelumnya.
Saya minta maaf apabila ada kesalahan dalam Artikel diatas, karena semua manusia itu tidak ada yang sempurna kan.

Terima kasih !!
INTER ARMA CARITAS !!!

0 komentar:

Post a Comment