Mengenal Guillaume-Henri Dufour "Jenderal Dufour"

Guillaume-Henri Dufour (15 September 1787, Konstanz [1] - 14 Juli 1875, Jenewa ) adalah seorang perwira tentara  Swiss, insinyur jembatan dan topographer . Ia menjabat di bawah Napoleon I dan menjabat sebagai Jenderal untuk memimpin pasukan Swiss untuk kemenangan terhadap Sonderbund . Dia memimpin Konvensi Jenewa Pertama yang mendirikan Palang Merah Internasional . Dia adalah pendiri dan presiden dari Kantor Federal Swiss Topografi 1838-1865.



The Dufourspitze (pegunungan tertinggi di Swiss) di Monte Rosa Massif dinamai menurut namanya.

Karir

Dufour lahir di Konstanz, di mana orangtuanya diasingkan sementara dari Jenewa . Benediktus Ayahnya adalah seorang pembuat jam Jenewa dan petani, yang mengirim anaknya ke sekolah di Jenewa, di mana ia belajar menggambar dan obat-obatan. Pada 1807, Dufour melakukan perjalanan ke Paris untuk bergabung dengan École Polytechnique. Ia belajar geometri deskriptif bawah Jean Pierre Nicolas Hachette , dan lulus kelima di kelasnya, pada tahun 1809, berlangsung untuk belajar teknik militer di École d'Aplikasi. Pada 1810, ia dikirim untuk membantu mempertahankan Corfu melawan Inggris, dan menghabiskan waktunya untuk pemetaan benteng tua di pulau.

Pada 1814, ia kembali ke Prancis, dan dianugerahi Croix de la Legio d'Honneur untuk karyanya memperbaiki benteng di Lyons . Pada 1817, ia kembali ke Jenewa untuk menjadi komandan Kanton Jenewa insinyur militer, serta guru besar matematika di Universitas Jenewa . Tugasnya termasuk menyiapkan peta Kanton.

Dufour tetap seorang Jenderal di tentara. Di antara para petugas yang melayani di bawah dia adalah Louis-Napoleon Bonaparte , keponakan dari mantan Kaisar .

Pada 1847 kanton-kanton Katolik Swiss berusaha untuk membentuk aliansi terpisah dari mereka sendiri, yang dikenal sebagai Sonderbund , efektif membelah dari seluruh negeri. Dufour memimpin pasukan federal 100.000 dan mengalahkan Sonderbund bawah Johann-Ulrich von Salis-Soglio dalam kampanye yang berlangsung hanya dari tanggal 3 hingga 29 November dan mengklaim kurang dari seratus korban. Ia memerintahkan pasukannya untuk cadangan yang terluka.

Pada tahun 1850 pendaki gunung dan topographer Johann Coaz menjabat sebagai sekretaris pribadinya.

Pada 1863 dia adalah bagian dari sebuah komite di bawah Henry Dunant menyebabkan dasar dari pembentukan Palang Merah Internasional .

0 komentar:

Post a Comment