Manfaat Donor Darah bagi Tubuh


Menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh

Salah satu manfaat kesehatan donor darah adalah menyeimbangkan kadar zat besi di dalam tubuh. Menurut penelitian, banyak orang yang mengonsumsi sayuran dan buahan untuk menyeimbangkan zat besi tubuh mereka. Namun dengan donor darah, zat besi dalam tubuh akan seimbang.

Mengurangi risiko kanker

Beberapa medis melakukan penelitian terkait donor darah. Hasilnya, dengan donor darah, tingkat zat besi dalam tubuh mengurangi perkembangan gejala kanker. Selain itu, kanker usus besar, paru-paru, hati, dan kanker tenggorokan dapat terhindar dengan kita malakukan donor danar.


Mengurangi kolesterol

Sel darah dalam tubuh mengandung kolesterol. Kolesterol baik dan buruk terdapat di dalam sel darah merah. Salah satu manfaat donor darah adalah mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Mengontrol tekanan darah tinggi
Ini adalah salah satu manfaat kesehatan dari donor darah. Bila Anda menyumbangkan darah, volume darah seimbang. Hal ini untuk mencegah peningkatan tekanan darah. Jadi, jantung yang sehat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Mengaktifkan sel-sel
Saat seseorang menyumbangkan darahnya, sumsum tulang belakangnya akan terangsang untuk menghasilkan sel darah merah baru dan membuat organ pembentuk darah berfungsi lebih efektif.

Pendeteksian penyakit sedini mungkin
Sebelum kita mendonorkan darah, dokter yang bertugas akan memeriksa darah kita terlebih dahulu. Ketika itulah dokter akan menginformasikan kondisi tubuh kita melalui screening awal terhadap darah tersebut. Kita dapat mengetahui apakah kita mengidap anemia atau tidak serta mengetahui apakah kita memiliki penyakit serius atau tidak seperti HIV, hepatitis, siphilis, malaria.

Menjaga kesehatan jantung
Seseorang yang rutin mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah lebih stabil dan hal inilah yang menurunkan risiko penyakit jantung.

Metode Diet yang Ampuh
Ternyata dengan mendonorkan darah dapat membantu mereka yang sedang dalam program diet. Dengan memberikan sekitar 450 ml darah akan membantu proses pembakaran kalori kira – kira sebanyak 650 cal. Donor darah juga dapat membuat pinggang menjadi lebih ramping.

Meningkatkan kesehatan mental
Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada saudara kita
yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan tersendiri dan menimbulkan perasaan positif. Hal inilah yang dapat meningkatkan kesehatan mental.

0 komentar:

Post a Comment